Saturday, March 17, 2012

Tipe Tubuh Manusia

Pernahkah kalian melihat seorang teman yang porsi makannya begitu besar, sering ngemil tapi tidak bisa gemuk? Atau pernahkah kalian melihat seorang teman yang porsi makannya sedikit tapi tubuhnya gemuk dan besar bukan main, berusaha untuk kurus tapi sulit sekali. Manusia yang porsi makannya besar dan sering ngemil tapi tidak bisa gemuk bisa saja disebabkan oleh cacingan karena cacing menyerap nutrisi yang kita makan, tapi bisa saja manusia tersebut sehat dan bebas cacing.

Tahukah kalian bahwa dalam dunia olahraga (terutama fitness atau bodybuilding) tubuh manusia terbagi dalam 3 tipe tubuh?
3 tipe tubuh manusia digagaskan dan dikenalkan oleh seorang ahli psikologi asal Amerika dengan sebutan teori "somotype". Mengenali tipe tubuh dapat membantu anda untuk menentukan program diet yang tepat, entah itu diet untuk menambah massa otot dalam tubuh (menambah berat badan yang baik) atau diet untuk membakar lemak.

Perbedaan 3 tipe tubuh tersebut adalah ectomorph, mesomorph, dan endomorph.


Ectomorph
Ectomorph adalah bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh semacam ini. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena manusia dengan jenis tubuh ectomorph memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, khususnya dalam pembakaran lemak, ectomorph cenderung membakar lemak dengan cepat dan tidak berlama-lama menyimpan lemak dalam tubuh. Manusia dengan tipe tubuh ectomorph terlihat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe tubuh ini cocok untuk menjadi atlet dengan keahlian seperti lari maraton jarak jauh atau model. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh ectomorph adalah mereka yang berbahu sempit, cepat merasa lapar dan banyak makan tapi tidak bisa gemuk.

Mesomorph
Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal, jenis tubuh mesomorph juga disebut-sebut sebagai tipe tubuh idaman. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh mesomorph adalah mereka yang berbahu lebar, tubuh terlihat gagah dan cenderung berbentuk V-shape, dan porsi makan sedang.

Endomorph
Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe tubuh ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang memiliki tipe tubuh ini. Porsi makanan harus lebih kecil dan lebih sering, tetapi dengan gizi yang seimbang. Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi karbohidrat, perbanyak protein dan serat dalam diet. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh endomorph adalah mereka yang berbahu tidak begitu lebar namun bagian perut sering menonjol dan seringkali bagian pinggang lebih lebar daripada bahu, tidak begitu cepat merasa lapar tapi bagi yang tidak mengontrol makanan memiliki nafsu makan yang besar.

Namun seorang manusia terkadang tidak murni berada pada satu tipe tubuh, ada kemungkinan tubuh manusia berada pada pertengahan antara 2 tipe tubuh (ectomorph dan mesomorph, mesomorph dan endomorph).

Referensi :
http://duniafitnes.com/fitness-2/apakah-anda-tahu-tipe-tubuh-anda.html
http://www.bodybuilding.com/fun/know-your-body-type.htm

No comments:

Post a Comment