Saturday, March 17, 2012

Cardio

Cardio atau bisa juga disebut cardio workout (latihan kardio) berasal dari kata cardiovaskular yang artinya jantung dan peredaran darah. Sehingga cardio workout adalah latihan untuk melatih organ-organ vital khususnya jantung dan peredaran darah.

Dalam dunia fitness, cardio merupakan metode latihan untuk menjaga dan meningkatkan stamina serta membakar lemak. Semua olahraga yang membuat jantung memompa lebih cepat dapat juga disebut dengan cardio. Contoh : jogging, lari, berenang, lompat tali, basket, aerobic, dsb.

Bagi orang yang ingin mengurangi berat badan, bisa melakukan cardio dengan intensitas lebih tinggi (saya sarankan HIIT), namun bagi orang yang sedang dalam masa menambah berat badan (khususnya massa otot) perlu membatasi banyaknya cardio, karena cardio berlebih akan membakar banyak lemak dalam tubuh yang menyebabkan penghantaran protein ke dalam otot terhambat (lemak dibutuhkan untuk mengantarkan protein ke tiap2 bagian tubuh yang membutuhkan khususnya otot). Hindari melakukan cardio dengan perut kosong, karena malah akan mengganggu keseimbangan dan metabolisme tubuh.

No comments:

Post a Comment