Saturday, March 17, 2012

HIIT (High Intensity Interval Training)

Seringkali kita mendengar orang-orang disekitar kita yang sedang giat menurunkan berat badan berkata, "gue joging 1.5 jam tiap hari sekarang." kemudian yang lain tidak mau kalah dan berkata, "gue malah 2 jam tiap hari, ah elo kurang giat deh gimana mau kurus!?". Mungkin semangat mereka tinggi, tapi semangat tinggi tanpa diimbangi cara yang tepat akan mengurangi kefektifan dari tujuan utama berolahraga.

Jogging, berlari, basket, berenang, dan semua olahraga yang membuat proses memompa jantung meningkat disebut dengan cardio workout. Cardio sebaiknya dilakukan tidak terlalu lama, karena berolahraga terlalu lama malahan akan membuat tubuh kita terlalu lelah dan tidak efektif dalam membakar lemak. Ukuran waktu terbaik untuk berolahraga tahap pemula adalah tidak lebih dari satu jam, kecuali jika anda seorang profesional yang memperhatikan asupan nutrisi atau didampingi ahli gizi dan mengkonsumsi suplemen di tengah-tengah latihan anda.

HIIT (High Intensity Interval Training) merupakan cardio yang dilakukan dengan intensitas tinggi namun dengan waktu yang relatif lebih singkat, dipercaya dan diteliti oleh para pakar fitness dan kesehatan mampu membakar lemak lebih efektif daripada cardio biasa. Contoh pola latihan HIIT :
4 Menit pemanasan speed 4.5-5km/h
2 Menit jalan cepat speed 6km/h
1 Menit lari speed 8.5 – 9km/h (lari kecepatan menengah)
(ulangi dua langkah di atas sebanyak 6x)
2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5km/h.

Namun ada lagi versi lengkap dari HIIT yaitu Elevated High Intensity Interval Training, dipercaya mampu membakar lemak lebih banyak dan cepat dari HIIT biasa. Contoh pola latihannya:
4 Menit pemanasan speed 4.5-5km/h
1.5 Menit jalan cepat speed 6km/h
1.5 Menit lari speed 8.5-9km/h
(ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)
1 Menit jalan cepat speed 6km/h
1 Menit lari speed 11-12km/h (bisa dibilang sprint)
 (ulangi dua langkah di atas sebanyak 3x)
2-4 Menit pendinginan dengan speed 4-4.5km/h.

Lakukan Elevated HIIT Cardio ini setelah latihan beban, atau kalau anda tidak melakukan angkat beban, lakukan asal jangan bangun tidur dengan perut kosong (seperti yang saya tulis pada artikel cardio).

Elevated HIIT Cardio memiliki efek afterburn yang sangat dahsyat dan tubuh anda akan terus membakar lemak meskipun anda sudah berhenti melakukannya. Dengan rutin melakukannya, anda akan membakar lemak dengan cepat.

Referensi : http://duniafitnes.com/fat-loss/elevated-hiit-cardio-untuk-membakar-lemak-lebih-banyak-lagi.html

No comments:

Post a Comment